Apakah Kekurangan Tidur Menyebabkan Kerontokan?

Apakah Kekurangan Tidur Menyebabkan Kerontokan?

Banyak orang mempercayai bahwa tidur yang cukup adalah faktor yang penting untuk pertumbuhan rambut. Di artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana tidur dapat mempengaruhi kerontokan.


Apa Penyebab Kerontokan?

Ada beberapa tipe kerontokan. Satu yang paling sering terjadi adalah kerontokan pada laki-laki. Kerontokan dimana rambut depan pelan-pelan rontok menyebabkan bentuk U di sekeliling kepala.

Tipe kerontokan ini disebut alopecia. Penyakit dimana sistem imunitas tubuh yang tugasnya melindungi tubuh melakukan kesalahan dan menyerang tubuh sendiri. Stres dapat memperparah efek alopecia pada rambut.

Apakah Kekurangan Tidur dapat Menyebabkan Kerontokan?

Satu faktor terbesar pada kerontokan rambut adalah DNA dan hormon. Untuk DNA, pastinya tidak ada yg bisa kita lakukan dan tidur tidak dapat merubah DNA pada tubuh.Namun, kekurangan tidur dapat mempengaruhi hormon pada tubuh. Contoh, hormon pertumbuhan manusia diproduksi saat waktu tidur anda. Untuk orang yang tidak tidur secara cukup, tidak nyenyak atau terganggu akan memiliki tingkat hormon pertumbuhan yang lebih rendah.

Hormon pertumbuhan yang rendah tidak hanya menyebabkan rambut tipis, tapi mempengaruhi kesehatan kita pada umumnya seperti stres dan fisik yang terganggu. Tidur cukup secara konsisten adalah satu cara untuk mengurangi stres dan memperbaiki hormon pertumbuhan pada tubuh.

Bagaimana Cara Memulai Kebiasaan Tidur yang Baik?

Satu cara terpenting adalah dengan memiliki rutinitas yang konsisten. Beberapa strategi yang baik untuk lingkungan tempat tidur anda adalah:

  • Jangan berisik: Anda akan tidur lebih mudah dengan ruangan yang sunyi. Jika perlu gunakan penutup kuping.

  • Ruangan yang sejuk: Banyak orang dapat tidur di ruangan yang sejuk. Ruangan yang sejuk lebih nyaman dan lebih menguntungkan untuk kesehatan.

  • Ranjang dan bantal yang nyaman: Anda ingin memiliki ranjang yang nyaman untuk anda tiduri. Investasikan pada ranjang yang bagus untuk tulang anda, dan bantal yang nyaman untuk leher anda.

  • Ruangan yang gelap: buat kamar anda segelap mungkin, beli kain gorden yang tebal dan pastikan tidak ada cahaya yang masuk. Kegelapan juga artinya tidak adanya gangguan cahaya dari elektronik seperti TV, tablet, laptop dan HP. Jika anda tidak dapat menghilangkannya, gunakan masker mata atau penutup mata.

    Strategi untuk meningkatkan kebiasaan tidur anda:

    • Miliki waktu tidur: Bantu tubuh anda dengan menyetel jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya (termasuk waktu libur dan akhir pekan)

    • Kurangi Konsumsi alcohol dan rokok sebelum tidur: Alkohol dan makan yang terlalu banyak sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur anda. Rokok memiliki nikotin yang membuat anda susah tidur.

    • Ikuti rutinitas sebelum tidur yang sama: Lalui rutinitas sebelum tidur yang sama seperti mencuci muka, menggosok gigi atau menarik nafas dalam2 untuk relaksasi.

    Back to blog