penyebab rambut putih

Penyebab Rambut Putih

Rambut putih atau dikenal dengan uban seringkali menjadi tanda orang sudah lanjut usia. Di sisi lain, terdapat permasalahan rambut dimana tumbuhnya rambut putih atau uban pada usia muda. Kondisi ini berdampak menimbulkan rasa kurang percaya diri dan dapat membuat penampilan lebih tua dari umur sebenarnya.

Perlu diketahui terlebih dahulu, rambut putih atau beruban disebabkan oleh kerusakan sel melanosit yang berada pada dasar folikel rambut. Penyebab kerusakan sel bisa karena hanya faktor usia, paparan lingkungan atau penyakit.

Terdapat faktor internal dan eksternal penyebab rambut putih pada usia muda yang diantaranya adalah:

Faktor Genetik

faktor genetik

Perlu diketahui pada orang berusia muda, bahwa genetika memiliki peran besar ketika rambut menjadi putih atau mulai beruban. Genetik adalah faktor utama yang mepengaruhi tumbuhnya rambut putih atau uban. Faktor seperti genetik cukup sulit untuk dihindari dan tidak bisa dilepaskan dari masalah rambut putih atau beruban. Bila salah satu atau kedua orangtua lebih cepat beruban, maka keturunan nya akan cenderung beruban juga di usia muda.

Stres

stres penyebab rambut putih

Terlarut dalam masalah dan banyak fikiran akan berdampak pada stres. Faktor ini akan menyebabkan tumbuhnya rambut putih pada usia muda. Stres meningkatkan kadar kortisol, yang artinya meningkatkan radikal bebas dan berdampak merusak folikel rambut juga sel yang membuat pigmen rambut. Cobalah membiasakan diri untuk tetap tenang dalam menghadapi masalah untuk menghindari tumbuhnya rambut putih pada usia muda.

Asumsi Makanan

Asumsi makanan sehat

Mengonsumsi garam, lemak jenuh, protein atau asupan gula yang berlebihan dapat menjadi penyebab rambut putih atau beruban. Oleh karena itu, untuk mencegah rambut memutih disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bisa menjadi nutrisi yang baik.

 

Back to blog